Sabtu, 27 Februari 2010

Cara Mengatasi Sesak Nafas

Cara Mengatasi Sesak Nafas

Uffff.... nafasku sesak. Hampir mati rasanya. Mungkin itulah kira-kira yang ada dalam fikiran orang yang menderita sesak nafas. Biasanya sih penyakir ini menyerang ketika hawa /udara terasa dingin.

Penyebab penyakit sesak nafas bermacam-macam.Bila sesak nafas yang biasanya muncul secara mendadak, maka itu adalah gejala penyakit yang membutuhkan perhatian dari dokter, Sesak nafas dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, misalnya penggumpalan darah pada paru-paru, asma, tapi ada juga yang terjadi akibat kehamilan.


Dalam bentuk kronisnya, sesak napas merupakan suatu gejala penyakit-penyakit seperti asma, emfisema, beberapa penyakit paru-paru lain.

Macam - Macam Sesak Napas (Dyspnea) :

1. Dyspnea Akut Penyebab dyspnea akut contohnya adalah penyakit pernapasan (paru-paru dan pernapasan), penyakit jantung atau trauma dada.

2. Dyspnea Kronis Dyspnea kronis (menahun) bisa juga disebabkan oleh asma, inflamasi paru-paru , Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK),tumor, emfisema, kelainan pita suara.

Jika si penderita sedang mengalami sesak nafas, maka akan menyebabkan sulit untuk bernafas, sehingga tubuh menjadi kurang mendapatkan oksigen. Kemungkinan terburuk bisa berakibat kepada kematian. Oleh karena itu penyakit ini harus segera diatasi.

Hal yang dilakukan untuk mengatasi sesak napas, biasanya adalah pemberian obat-obatan yang melebarkan saluran pernapasan yang menyempit.

Untuk menghindari sesak napas terjadi secara berulang, sebelumnya harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu, lalu diobati, misalnya; berikan obat asma, bila kena penyakit asma, atau berikan obat TBC bila orang tersebut menderita penyakit TBC.

Jika sesak napas yang ringan pada wanita hamil, tidak memerlukan obat pereda sesak napas. Sesak napas yang ringan umumnya tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi jumlah oksigen yang di dapat bayi yang ada di dalam kandungan.

Tetapi, jika wanita hamil tersebut mengalami sesak napas yang berat atau mempunyai penyakit asma, segera berkonsultasi kepada dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat bagi ibu dan bayi yang dikandungnya.

Cara mengatasi sesak napas pada wanita hamil Dianjurkan bagi wanita hamil untuk menjaga postur tubuh dengan benar, seperti duduk atau berdiri dengan tegak, kurangi dan perlambat pergerakkan , misalnya berjalan dengan lebih lambat, memberi bantal sebagai sandaran pada tubuh bagian atas ketika tidur.

2 komentar:

  1. setelah berlari beberapa meter teraea dada sesak nafas berat...

    BalasHapus
  2. kalau rasa tiba2 je sesak nafas..kejap ok n kejap tak ok macam mna 2 ye?

    BalasHapus