Sabtu, 27 Februari 2010

Kanker Paru Serang Perokok Aktif dan Pasif

Kanker Paru Serang Perokok Aktif dan Pasif

paru-paruJumlah penderita kanker paru-paru setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang tajam. Sebagian besar penderitanya adalah perokok aktif. Dimana risiko menderita kanker paru-paru pada perokok aktif 13.6 kali lebih besar dibandingkan dengan nonperokok.
Namun kanker ini juga menyerang mereka yang perokok pasif lewat asap rokok yang dihembuskan oleh si perokok aktif saat membuang napas. Napas yang dihembuskan tersebut mengandung zat iritan, adiktif dan karsinogen yang menjadi penyebab kanker.
Penyebab
Penyebab utama kanker paru adalah rokok. Dalam sebatang rokok mengandung zat iritan dan juga zat karsinogen yang secara langsung dapat mengubah karakteristik sel menjadi ganas dan menimbulkan kanker paru-paru.
Sel kanker mudah menyebar ke tempat lain, karena dalam paru-paru banyak mengandung pembuluh darah dan pembuluh limfe (getah bening). Selain rokok, faktor genetik dan keturunan serta polusi udara juga berisiko menyebabkan kanker paru.
Gejala
Pada tahap awal, gejala kanker paru-paru tidak terlalu tampak. Namun gejala tersebut baru akan muncul setelah penyakit sampai ke tingkat lanjut. Gejala kanker paru-paru tidak memiliki ciri yang terlalu khas, seperti :
- Batuk yang tidak sembuh-sembuh
- Batuk darah
- Sesak napas
- Nyeri dada
- Suara napas berbunyi
- Suara serak
- Penurunan berat badan yang nyata
Faktor Risiko
Mereka yang berisiko terkena kanker paru-paru diantaranya :
* Perokok : Semakin banyak dan sering mereka merokok maka semakin besar risiko kanker paru menyerang
* Jenis Kelamin : Ternyata perempuan perokok lebih rentan terkena kanker paru-paru dibandingkan perokok laki-laki
* Riwayat keluarga atau faktor keturunan
* Terpapar gas radon, yaitu gas yang merupakan hasil pemecahan uranium di tanah, batu dan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar